Headlines

Mengapa Sekolah Perangkat Lunak menjadi Tren di Kalangan Generasi Muda Indonesia? – Artikel ini menjelaskan mengapa Sekolah Perangkat Lunak semakin populer di kalangan generasi muda di Indonesia. Dalam artikel ini, pembaca dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tren ini, manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti Sekolah Perangkat Lunak, dan peluang karir di industri IT.


Sekolah Perangkat Lunak, atau biasa disebut coding bootcamp, kini semakin populer di kalangan generasi muda di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dan permintaan akan tenaga kerja yang menguasai keterampilan teknologi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi tren ini adalah perkembangan industri teknologi informasi di Indonesia. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia mencapai lebih dari 60% pada tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang membutuhkan aplikasi dan perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, adanya perusahaan teknologi besar seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka yang merupakan unicorn di Indonesia juga turut mendukung tren Sekolah Perangkat Lunak. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan tenaga kerja yang menguasai keterampilan teknologi untuk mengembangkan produk dan layanan mereka.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengikuti Sekolah Perangkat Lunak juga sangat besar. Dengan menguasai keterampilan coding, seseorang dapat menciptakan aplikasi atau perangkat lunak yang inovatif dan bermanfaat. Selain itu, lulusan Sekolah Perangkat Lunak juga memiliki peluang karir yang baik di industri IT, baik sebagai software developer, data analyst, atau web designer.

Menurut data dari JobStreet, permintaan akan tenaga kerja di bidang IT terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa peluang karir di industri IT sangat terbuka lebar bagi para lulusan Sekolah Perangkat Lunak. Selain itu, gaji yang ditawarkan di industri IT juga cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan industri lainnya.

Dengan demikian, tidak heran jika Sekolah Perangkat Lunak menjadi tren di kalangan generasi muda di Indonesia. Tren ini tidak hanya memberikan manfaat bagi individu yang mengikutinya, tetapi juga bagi perkembangan industri IT di Indonesia.

Referensi:
1. APJII, “Data Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2021”,
2. JobStreet, “Tren Lowongan Pekerjaan di Indonesia”,