Headlines

Kegiatan Sosial di Sekolah Jambi: Membangun Karakter dan Kepedulian Sosial – Artikel ini membahas berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh siswa dan guru di Sekolah Jambi, seperti program pengabdian masyarakat, penggalangan dana untuk amal, dan lainnya. Artikel ini dapat memberikan pemahaman tentang upaya sekolah dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa yang peduli terhadap lingkungan sekitar.


Kegiatan sosial di sekolah merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Sekolah Jambi merupakan salah satu contoh sekolah di Indonesia yang aktif dalam melaksanakan kegiatan sosial untuk meningkatkan kesadaran sosial siswa.

Salah satu kegiatan sosial yang dilakukan oleh Sekolah Jambi adalah program pengabdian masyarakat. Melalui program ini, siswa diajak untuk turun langsung ke masyarakat dan memberikan bantuan atau melakukan kegiatan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Dengan mengikuti program ini, siswa dapat belajar tentang arti pentingnya membantu sesama dan merasakan kepuasan ketika dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Selain itu, Sekolah Jambi juga sering mengadakan penggalangan dana untuk amal. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk berpartisipasi dalam membantu orang yang membutuhkan dengan cara mengumpulkan dana atau barang-barang yang dapat digunakan untuk membantu mereka. Dengan mengikuti kegiatan penggalangan dana ini, siswa dapat belajar tentang arti pentingnya berbagi rezeki kepada sesama dan merasakan kebahagiaan ketika dapat memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Kegiatan sosial di Sekolah Jambi tidak hanya dilakukan oleh siswa, namun juga melibatkan peran guru sebagai contoh teladan. Guru juga aktif dalam membimbing siswa dalam melaksanakan kegiatan sosial, serta turut berpartisipasi langsung dalam kegiatan tersebut. Dengan demikian, siswa dapat melihat betapa pentingnya peran guru dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa yang peduli terhadap lingkungan sekitar.

Secara keseluruhan, kegiatan sosial di Sekolah Jambi merupakan salah satu bentuk upaya sekolah dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Melalui kegiatan ini, siswa dapat belajar tentang arti pentingnya membantu sesama, berbagi rezeki, serta merasakan kepuasan dan kebahagiaan ketika dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Referensi:
1. Indah, P. (2019). Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
2. Mulyani, S. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Pendidikan Moral di Sekolah. Jurnal Pendidikan Moral dan Agama, 4(2), 87-96.
3. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.